Deteksi convention 2010

Bulan November tahun lalu, Sefty ikut acara Deteksi Convention 2K10 atau yang lebih akrab Det-con 2k10.
Acara ini berlangsung hanya di Surabaya, diadakan setiap tahun oleh Jawa Pos Group, dan merupakan acara anak muda terbesar di Indonesia.
Bagi yang belum tahu, Sefty kasih sedikit informasi yah tentang acara ini. Di dalam acara ini ada berbagai macam lomba. Misalnya lomba Pop Group; sesuai namanya, lomba ini mengharuskan sebuah kelompok semacam paduan suara gitu menyanyikan beberapa lagu dan pastinya disaring dulu sebelum tampil di gedung det-con. O, iya. Semua peserta yang ikut di det-con adalah perwakilan dari masing-masing sekolah se-Surabaya, Sidoarjo, Gresik dan sekitarnya. Jadi nggak kebayang deh ramenya kayak apa.


Kedua, ada lomba Custom Shoes yang diwakili 2orang dari tiap-tiap sekolah. Lomba ini adalah lomba menghias sepatu yang disponsori oleh League. Mereka datang ke gedung det-con hanya membawa konsep dan peralatan. Sedangkan mengerjakannya, ya jelas di gedung det-con dengan waktu yang telah ditentukan. Sefty agak lupa berapa jamnya. Tapi kalo nggak salah, hari pertama disediakan 6-8 jam, sedangkan hari kedua hanya 4-5 jam saja.
Yang paling seru adalah, tempat mereka menggarap sepatu yang akan dihias, dimodifikasi, dianeh-anehin itu.... sempit banget! Hanya 1x1 meter untuk dua orang plus barang-barang bawaan mereka. Jadi bayangin kaya apa daaaah sumpeknya. 
O,Iya. Sefty sempet liat grup Custom Shoes dari sekolah Sefty yang lucu banget haha :D mereka tuh kerjaannya ngerecokin colokan listrik grup tetangga-tetangga. Haha sampe mereka sungkan sendiri, tapi tebel muka juga siiih. Demi nyelesein Cutom Shoes dan demi nama sekolah. Apa yang enggak, coba?




Ketiga, ada lomba Band. Masih mewakili nama sekolah juga nih, guys. 
Jangan disangka Band-band yang tampil di gedung det-con ecek-ecek... Waah, salah besar.
Grup mereka keren-keren abis! Bahkan Band sekolah Sefty-pun masuk ke babak... ehm, berapa besar yah? Lupa. Pokoknya keren, deh. 
Ada yang genre jazz, ada yang genre-nya pop-rock, ada yang genrenya pure pop. Pokoknya, musik di sini nggak dikotak-kotakin! Silahkan berkreasi semaksimal yang kalian bisa :)
Yang jadi jurinya-pun kece. Siapa tebak? Baron Soulmate! :D
Acarapun jadi tambah rame waktu pengumuman juara Band dan Band terfavorit. Karena yang menjadi juara pertama akan duet bersama Baron Soulmate! :D Wuiiiih, suasananya nge-rock banget!

Nggak cuma itu, guys. Ada juga nih lomba OZ Deteksi Challenge. Pokoknya lombanya itu semacam cerdas cermat antar sekolah tapi pake Bahasa Inggris. Total! Ngomong apa aja harus pake Bahasa Inggris. Pertanyan-pertanyaannya semuanya pake Bahasa Inggris. Emh, jangan ditanya gimana cas cis cusnya mereka. Sefty aja cuma bisa melongo sambil ngangguk-ngangguk sok ngerti padahal nggak ngerti apa-apa waktu ngeliat mereka hahah :D sumpah malu-maluin banget!
Nah, yang jadi pemenang akan dikirim ke Australia dan ikut sekolah di sana selama 2 minggu. Eh tapi bukan sekolah, sih... apa ya? Kayak berlibur tapi juga sambil belajar di sekolah yang jadi sponsor Det-con di Aussie. Mereka juga akan tinggal bersama orang tua asuh yang orang Aussie tulen! Uuuuh, pengennnn... (*nyadar woi bahasa inggris lu seberape?)

Trus ada juga lomba mading dua dan tiga dimensi.
Mading mereka macem-macem. Tapi yang jelas semuanya tetap berbenang merah: Make people laugh . Karena memang tema yang dicetuskan oleh tim deteksi, ya itu. Bikin orang ketawa terbahak-bahak. Mading mereka kocak-kocak deh hahaha sampe bikin ngakak!

Eh tapi, lomba madingnya nggak cuma lomba mading 2 dimensi dan 3 dimensi. Ada juga lomba mading on the spot! Yaitu.... Tim perwakilan dari tiap-tiap sekolah hanya membawa konsep dan peralatan untuk membuat mading ke gedung det-con dan membuatnya di situ. Perlu kerja keras ekstra, penghitungan alat dan bahan yang pas, dan kerja tim yang kudu kompak untuk bisa bikin mading on the spot :)

Ada lagi nih (*banyak ya? Emang!) , yaitu lomba mading gerak. Hah mading gerak? baru denger ya? 
 Mading gerak ini intinya sih sama kayak mading-mading yang sudah ada. Mengangkat suatu tema, ada artikel-artikel yang tertempel di sekitar mading tersebut, penuh dengan kreatifitas anak muda, pokoknya teenager banget deh! Tapi yang bikin beda adalaaaah... Yup! Mading itu harus bisa gerak :)
Gimanapun caranya, mau dikasih listrik, dikasih kabel, dikasih apa aja terserang yang penting satu dari sekian banyak unsur yang ada di dalam mading itu harus ada yang bergerak :)
 Bayangin kayak apa? Cerdas dan kreatif banget, yah?

Weits! Jangan keburu ngorok dulu dooong...
Kan masih ada jenis lomba yang mau Sefty kasih tau. Yang ini pasti bikin melek.
Coba tebak, lomba apaan?
Hah? Lomba mirip Sefty?
Ah ngaco! Bukan tauuuuk...
Lomba yang bikin mata selalu melek ini adalah lomba Red-A Deteksi model coompetition!
Woah, pada melek semua nih :D
Lombanya, ya sejenis pemilihan putri indonesia gitu deh. Cantik, pintar, dan berbakat. Pasti :)
Mereka mewakili sekolah mereka dengan membawa bakat dan prestasi masing-masing. Ada yang jago balet, ada yang jago main gitar, ada yang jago karate, ada yang jago nyanyi, macem-macem! :)
Pokoknya mah, perfect pisan! Udah cantik, pinter, berbakat, punya innerbeauty, deuuuh... Siapa coba cowok yang nggak mau? :p

(*Trus Sefty lomba apaan? Katanya tadi Sefty ikut lomba? Tapi kok nggak cepet-cepet disebutin lomba apaan? Bohong ya?)
Weit! Enak aja lu main nuduh orang!
Sefty emang ikutan lomba kok!
Lomba makan kerupuk tapiiii he he he he
(Gebukin Seftyyyyy!!!)
Wowowoi! Bentar, calm down dooong.
Cie :D haha
Sefty, ikutan lomba.... jejejejeng!
Jousnalist Blog Competition :)
Jadi lomba ini ada lomba seakan kalian ada seorang jurnalis. Terdiri dari dua orang yaitu fotografer dan penulis. Tentunya, waktu mau ikut lomba ini, kalian harus memenuhi berbagai macam persyaratan. Seperti nilai bahasa inggris yang harus segini, penulis yang harus kirim essay, dan lain-lain. Dan alhamdulillah, Sefty yang pada waktu itu sebagai fotografer dadakan  dan Wenny, partner Sefty, sebagai penulis. Lolos dan bisa ikut lomba ini walaupun banyak banget halangannya. Heuh sampe stres deh waktu itu. Tapi Sefty nggak cerita dulu karena kalo cerita entar jadinya puanjang! He he
Sesuai dengan namanya, yaitu Journalist Blog Competition, kita diharuskan meliput semua kejadian di gedung deteksi dari mulai siang sampe malem dan diharuskan mengupload hasil jerih payah kami berubah file naskah dan foto-foto ke dalam blog yang teklah disediakan oleh pihak deteksi pada pukul yang juga ditentukan oleh mereka. Agak ribet juga sih...
Bayangin, setiap jam 4, Media center (ruang khusus komputer-komputer dan hanya boleh dimasuki oleh para jurnalis) penuh sesak! Mereka yang pada nggak bawa dan nggak punya leptop pada ribut antri di setiap komputer media center. 20 unit komputer digunakan untuk sekian puluh bahkan ratus jurnalis :O
Kita harus cepet-cepet upload hasil liputan kita sebelum jam 5 sore. Kalo kita mengupload lebih dari jam lima sore, hasil liputan hari itu dihitung hasil liputan hari berikutnya, dan hari itu kita dianggap tidak mengumpulkan liputan.
Pemenang lomba ini juga akan mendapatkan hadiah ke Aussie selama dua minggu untuk liburan dan belajar sebagai jurnalis yang baik :)
Enak banget, ya. Punya ilmu baru, liburan, gratis pula! :O
Tapi sayangnya, Sefty dan Wenny nggak menang...
Tapi nggak papa, Sefty udah seneng kok dapet kesempatan mewakili sekolah untuk lomba ini. Dapat pengalaman baru, temen-temen baru, dan bisa nonton Andra and the backbone, Indra Bekti, Fitri Tropica, Tangga, Drive, dan Vierra (sebagai bintang tamu) secara gratis dan VIP :D haha. Asyik banget :)
Nggak ada terlupakan deh. Apalagi bisa ketemu Kevin Aprilio :*
Haha :D


Itu dia guys, pengelaman Sefty yang bakal Sefty jadikan sebagai  kenangan manis yang nggak akan pernah Sefty lupain seumur hidup.


 Dibawah ini adalah bukti kenangan itu, guys :)


Deteksi Pop Group. Bansaaaaai! :D

Ini salah satu bakat dari salah satu model Rad-E deteksi model
Perform-nya InBek, nyanyi lagunya Miss Chatting!
Ini nih salah satu contoh mading dua dimensinya :)


Pengumuman juara Band :O

 

Adek-adek yang ganteng ini adalah peserta OZ Deteksi Challenge, kecil-kecil Bahasa Inggrisnya mak nyuuuzz :D
Yang sebelah kanan itu adalah yang punya hajat deteksi. Direktur-nya maksudnya :)

4 comment(s):

  1. Wecciiie yang jadi fotogarafer...,,
    dteng ya ke detcon 2k11????

    ReplyDelete
  2. Ahaha bisa aja nih Dhea ngedodainnya :p
    Iyah insyaAllah tahun ini dateng ngejehungin Ballroom dan Venue wkwk :D

    ReplyDelete
  3. wah kbetulan detcon sekolahku taun kemarin dapet juara berapa gitu, hoho.., taun ni masi belom tau dapet juara berapa

    ReplyDelete
  4. Oh iya? :) mudah2an menang lagi ya...

    ReplyDelete

Thanks for the comment, guys. Avoid spam comment, huh? ^^